Template by:
Free Blog Templates

Sunday, March 10, 2013

Pentingnya Mengetahui Spesifikasi Komputer


spesifikasi komputer
Jika tiba-tiba Anda mendapat pertanyaan “Spesifikasi komputer Anda berapa?”, Anda akan menjawab apa?
Apakah Anda akan menjawab “Spek komputer saya prosesor sekian, ram sekian, video card sekian, dst…”
atau “Eeeee…. Ehhmmm…”
atau “Anu… Pokoknya gini gitu gini gitu…”
atau “Spek komputer itu apa ya?”
Dulu saya adalah seorang yang akan menjawab dengan jawaban terakhir. Saya tidak tahu spesifikasi komputer atau spek komputer itu apa. Dan parahnya, karena saya suka game, pertanyaan tersebut sering saya hadapi. Setiap ingin menginstall game, saya ditanyai spek komputer saya karena sebuah game menuntut spesifikasi tertentu.

Catatan: spesifikasi sering disebut spek. Ejaan yang benar untuk spek adalah spec.

Akibat mengabaikan spesifikasi komputer

Pernah saya tidak mempedulikan spec komputer. Saya membeli sebuah game komputer dan langsung saya install. Dan apa yang terjadi? Game tersebut tidak bisa dimainkan sama sekali. Di kemudian hari saya baru mengetahui bahwa VGA komputer saya tidak mencukupi untuk memainkannya. Uang pun terbuang sia-sia untuk membeli game yang tidak bisa dimainkan.
Kejadian lainnya, saya pernah mencoba menaikkan resolusi di layar komputer. Waktu itu saya tidak peduli tentang batas resolusi layar komputer saya. Saya ingat, batas resolusi monitor saya adalah 800×600. Saya masa bodoh dan menaikkan resolusi hingga 1024×800. Akibatnya? Tampilan rusak dan beberapa detik kemudian monitor saya mati! Setelah dibawa ke tukang servis, ada komponen yang gosong.
Mengetahui spec komputer Anda merupakan hal wajib untuk dapat belajar komputer lebih jauh lagi. Bagaimana jadinya jika Anda belajar menggunakan sebuah alat tapi Anda sendiri tidak mengenali alat tersebut?

Yang perlu Anda ketahui tentang spesifikasi komputer

Agar kejadian tersebut tidak terulang, akhirnya saya mencari tahu tentang apa itu spesifikasi komputer, bagaimana cara mengetahuinya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan spesifikasi komputer.
Jika Anda hendak mencari tahu tentang spesifikasi komputer, berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui:
Ketika Anda hendak menginstall suatu program, entah itu game atau aplikasi lainnya, biasanya program tersebut akan mencantumkan system requirements yang mencakup lima hal di atas.

Cara mengetahui spesifikasi komputer

Lalu bagaimana caranya mengetahui spesifikasi komputer? Untuk hal ini, saya bahas dalam artikel selanjutnya:
Demikian pengalaman saya tentang spesifikasi komputer. Bagaimana dengan Anda? Pernah punya pengalaman unik lainnya tentang spesifikasi komputer?


sumber : http://www.kompinia.com/cara-melihat-spesifikasi-komputer/
Gambar:
http://www.lifehacker.com.au/2010/11/how-to-craft-the-perfect-computer-spec-list-for-your-needs/

No comments:

Post a Comment